Mencuci Patung Menjadi Salah Satu Tradisi Imlek Saat Dewa Dewi Menghdap Penguasa Langit!

Cukup banyak beberapa ritual yang dilakukan oleh warga Tionghua dalam menyambut sebuah perayaan Imlek yang jatuh pada tanggal 12 Februari 2021 mendatang. Dimana mereka ini juga akan mengikuti berbagai jenis ritual yang ada sebelum memasuki puncak hari raya Imlek. Salah satunya adalah dengan membersihkan patung dewa dewi yang ada di vihara. Dimana tradisi ini sendiri tidak bisa lepas dari imlek.

Sebelum membersihkan patung, akan ada juga beberapa ritual sembahyang dan doa bersama melepas para dewa di patung ke langit. Oleh sebab itu, umat Tionghua yang meyakini masih banyak dewa di kelenteng pada malam hari imlek.

Dalam menyambut kedatan gan dewa, umat Tionghua juga akan mengikuti adanya prosesi ritual penyambutana. Dimana umat Tionghua ini akan menggelar sembahyang bersama di kelenteng masing-masing. Di tengah proses persiapan mengantar Dewa ke langit ini, umat Tionghua menyiapkkan berbagaisajian manis, dari kue keranjang sampai dengan dodol Cina yang disiapkan. Makanan masni dan berangkatnya dewa dewi ke langit ini memiliki keterikatan.

Dan yang menjadi bekal ia ke langit adalah berupa kue atau makanan. Tujuan dilakukan ini agar saat dewa melapor kepada penguasa semesta ini selalu baik dan juga ppositif. Oleh sebab itu, perayaan Imlek di Indonesia selalu identik dengan kue dodol cina atau sajian jajanan manis.

Akan ada juga sembahyang kepada leluhur, dimana tradisi ini dilakukan untuk mendoakan leluhur kita yang telah meninggal dunia. Hal in ibis akalian lakukan di rumah satu hari menjelang tahun baru. Dupa dan lilin juga bisa kalian nyalakan dan menyajikan persembahan makanan, seperti buah, kue, daging, minuman dan lain sebagainya.

Akan ada juga tradisi makan yu shen yang menjadi tradisi baru ini di tengah masyarakat Indonesia berketurunan Tionghua. Dimana tradisi ini dilakukan untuk memperoleh rezeki yang lebih baik lagi di tahun yang akan datang.

Dan aka nada tradisi bersih-bersih rumah, yang dalam kepercayaan orang Tionghua membersihkan rumah sama artinya dengan membuang segala yang menghalangi datangnya keberuntungan. Tradisi ini sendiri dilakukan satu hari menjelang imlek, karena membersihkan rumah saat Imlek malah akan membung keberuntungn kalian di tahun ini.