Daftar Hewan Yang Dianggap Sebagai Dewa

Hewan Yang Dianggap Dewa

Cukup banyak hewan yang mengambil peran yang besar dalam kehidupan kita sebagai manusia, bahkan ratusan tahun sampai ribuan tahun lamanya. Bukan sekedar peliharaan atau ternak, Hewan ini sering dianggap hewan yang sakral atau hewan yang paling diagungkan. Biasanya orang yang menganut kepercayaan, memandang hewan ini sebagai jelmaan, kaki tangan, atau simbol dari dewa. Langsung saja yuk simak daftar hewan yang dianggap sebagai dewa!

1. Kuda

Kuda

Kuda merupakan salah satu jenis hewan yang cukup banyak diagungkan oleh masyarakat di masa Yunani kuno. Poseidon merupakan sang dewa air yang sering menampakkan dirinya sebagai Kuda. Di kalangan India, Hayagriva ialah dewa berkepala kuda, ia merupakan simbol dari kebijaksanaan dan ilmu pengetahuan. Hewan ini juga sering digunakan sebagai sarana transportasi di kalangan masyarakat Eropa, Turki, dan lain-lainnya.

2.  Kambing

Kambing

Hewan yang kedua ini adalah kambing. Hewan ini selalu di hiasi dengan kalung perak dan dibiarkan begitu saja hewan ini berkeliaran dikota-kota pada saat raja setempat menikah, di kalangan masyarakat Siria pada masa lalu. Mereka setempat mempercayai bahwa hewan kambing ini merupakan hewan yang ada di dalam daftar zodiak.

3. Beruang

Beruang

Beruang adalah salah satu jenis hewan yang sangat sakral, karena hewan buas ini sering dianggap sebagai jelmaan para dewa dan nenek moyang. Biasanya mereka menangkap beruang kecil untuk dipelihara atau dirawat seperti anak kandungnya sendiri. Setelah beberapa tahun, masyarakat setempat disana mengadakan Bear Festival, yang dimana para beruangnya didandani dengan baju ritual lalu digiring ke sunagi-sungai yang beku.

Setelah sampai di tempat lokasinya, ada perwakilan masyarakat setempat akan menembak dengan anak panahnya hingga beruang tersebut sekarat, setelah itu beruang tersebut akan dibunuh dan di konsumsi selama berminggu-minggu. Maksud dari ritual ini sendiri ialah masyarakat setempat diharuskan mempercayai hewan beruang yang akan kembali ke dewanya dan memberikan keberkahan kepada mereka.

4. Kucing

Kucing

Daftar hewan yang keempat ini merupakan hewan yang paling diagungkan oleh masyarakat Mesir Kuno. Hewan Kucing ini dianggap sebagai pelindung, karena hewan ini selalu mengusir tikus yang ingin mencuri hasil panen para petani. Masyarakat Mesir Kuno mempercayai bahwa kucing merupakan perwujudan dari dewa-dewa. Karena dari itu siapa yang membunuh hewan perwujudan dari dewa-dewa ini dengan sengaja ia akan mendapatkan hukuman yaitu mati.

5. Ular

Ular

Di India ular merupakan teman atau jelmaan dari para dewa. Dewa Siwa sering dikenal dengan sebutan dewa yang memiliki ular yang selalu berada di sekeliling lehernya. Dewa Siwa juga memakai ular kobra ini sebagai perhiasan. Ular kobra merupakan ular yang paling diagungkan oleh masyarakat, bahkan mereka mempunyai sebuah perayaan yang bernama Nag Panchami, dimana momen ini semua masyarakat mempersembahkan susu, doa, dan lain lain.

6. Gajah

Gajah

Gajah merupakan hewan yang dipakai sebagai simbol negara Thailand. Negara ini sangat menghormati gajah, bahkan menjadikannya sebagai simbol nasionalitas. Simbol yang dipake di kerajaan Thailand ialah gajah putih. Gajah putih merupakan gajah yang mengandung jiwa orang mati dalam ajaran Hindu. Dulunya gajah di Thailand dimanfaatkan sebagai sarana transportasi untuk menghadapi perang melawan Burma dan Khmer. Hewan gajah ini sebenarnya tidak boleh dimanfaatkan untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan yang berat, karena dianggap sakral. Masyarakat setempat di Thailand akhirnya merasa bahwa hewan ini begitu sangat berjasa untuk negara.

Inilah daftar sejumlah hewan yang dianggap sebagai dewa oleh masyarakat setempat tertentu, demikian daftar ini disampaikan semoga bisa menambah wawasan untuk kalian semua.

Related Post