Fakta Unik Dewa Poseidon yang Mungkin Belum Pernah Kamu Ketahui!

Fakta Unik Dewa Poseidon

Siapa yang tidak mengenal sosok Dewa Poseidon? Ya, dia adalah Dewa yang menguasai lautan, sungai, dan danau. Anak dari Kronos dan Rhea ini memiliki senjata ikonik berupa trisula yang dapat mengakibatkan terjadinya banjir serta gempa bumi.

Dunia ini terbagi menjadi 3 bagian menurut mitologi Yunani, di mana pada setiap bagiannya dikuasai oleh dewa. Zeus merupakan penjaga langit dan cuaca, Hades mengawal roh orang mati di dunia bawah, sedangkan Poseidon ini yang menguasai seluruh lautan.

Sekarang kita lihat ada apa saja fakta menarik yang wajib diketahui dari Poseidon ini, yuk!

Fakta Dewa Laut Poseidon

1.Anak Kronos dan Rhea

Anak Kronos dan Rhea

Seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya, Poseidon adalah anak dari Kronos dan Rhea sang Titan. Kronos adalah sosok yang takut kalau kekuasaannya akan digulingkan oleh anak-anaknya, itu yang menyebabkan dirinya kerap kali memakan anak-anaknya.

Poseidon dan saudara-saudaranya berencana menggulingkan kekuasaan dari Kronos. Ada yang mengatakan kalau Poseidon disembunyikan oleh Rhea di antara kawanan domba slot online, sedangkan ada juga yang mengatakan kalau Poseidon kecil dibesarkan oleh Telkhines di Rhodes.

2. Ikon dari Poseidon

Ikon dari Poseidon

Poseidon adalah sosok yang selalu digambarkan tengah membawa trisula besar dan bisa menyebabkan terjadinya banjir bahkan gempa bumi. Konon katanya trisula yang ada di tangan Poseidon ini diciptakan oleh para Kiklops saat Titanomakhia sedang melawan Kronos.

Selain memiliki Trisula, ada juga hal lain yang menjadi ikon dari Poseidon, yaitu Hippokampos. Ini merupakan makhluk mitologi yang digambarkan setengah kuda dan setengah ikan.

Ini adalah alat transportasi Poseidon ketika ia sedang tidak di lautan. Tahukah kamu ternyata Poseidon juga disebut sebagai Dewa Kuda dengan julukan Hippios.

3. Silsilah Keluarga Poseidon

Silsilah Keluarga Poseidon

Mungkin ini adalah fakta yang paling menarik yang akan kami bahas di sini. Poseidon merupakan dewa yang memiliki istri bernama Amfirit, ia adalah seorang nimfa dan juga dewi laut kuno. Banyak cara yang Poseidon lakukan untuk bisa merebut hati dari istrinya itu.

Poseidon mengirimkan banyak makhluk laut untuk bisa menemukan Amfirit, namun selalu gagal Hingga akhirnya, Amfirit berhasil ditemukan oleh lumba-lumba yang diutus oleh Poseidon. Hal ini membuat Poseidon mengangkat lumba-lumba itu menjadi rasi bintang.

Meski demikian, Poseidon juga dikenal sebagai Dewa yang berhubungan dengan banyak wanita. Salah satu wanita yang pernah berhubungan dengan Poseidon adalah Medusa. Mereka melakukan persetubuhan di kuil Athena, hal ini membuat Athena marah dan mengutuk Medusa menjadi Monster dengan rambut ular.

Saat kepala Medusa dipenggal, keluar Khrisaor dan Pegasus dari lehernya. Inilah yang beranggapan kalau Pegasus dan Khrisaor merupakan anak dari Poseidon.

4. Memperebutkan Kota Athena dengan Dewi Athena

Memperebutkan Kota Athena dengan Dewi Athena

Fakta terakhir yang akan kami bahas adalah mengenai Poseidon yang pernah memperebutkan kota Athena untuk melihat siapa yang berhak berkuasa atas kota Athena. Kontes pun dibuat, untuk menentukannya.

Poseidon membenturkan trisulanya dan air laut muncul dalam sekejap dari dalam tanah, namun itu adalah air asin, di mana tidak terlalu berguna. Sedangkan Athena menumbuhkan pozon zaitun, dan rakyat Athena pun memilih pohon Athena.

Sayangnya, hal ini membuat Dewa Poseidon tidak terlalu senang, ia pun mendatangkan banjir ke Athena sebagai hukuman untuk rakyat Athena.

Itulah beberapa fakta mengenai Poseidon yang wajib kamu ketahui, kira-kira dari 4 fakta di atas mana yang baru kamu ketahui?

Related Post