Fakta Menarik Dari Dewa-Dewi Yunani, Kira-Kira Kamu Tahu Gak?

Mungkin kita semua sudah tidak asing lagi dengan kisah dari dewa-dewi Yunani, di mana ini seakan sudah menjadi kisah yang menarik untuk dibahas oleh banyak orang. Sudah banyak juga kisah fiktif baik novel, film, juga komik, yang berhubungan dengan dewa-dewi Yunani ini.

Tapi kadang ada pemahaman yang keliru, karena banyak kisah yang berbeda pada setiap sumber. Berikut ini adalah beberapa hal menarik dari dewa-dewi Yunani yang wajib kamu ketahui!

Fakta Dewa-Dewi Yunani

1.Dewi Paling Tua: Hestia

Hestia

Tahukah kamu kalau diantara para dewa-dewi, yang paling tua bukanlah Zeus, melainkan Hestia. Hestia merupakan dewi penjaga Perapian dan juga yang paling tua diantara para dewa olimpus lain.

Urutan kelahiran di antara para dewa-dewi adalah Dewi Hestia, Dewi Demeter, Dewi Hera, Dewa Hades, Dewa Poseidon, dan yang terakhir adalah Dewa Zeus. Jadi untuk kamu yang mengira Dewa Zeus menjadi Raja para dewa karena dia yang tertua, salah, ya!

2. Hades Bukan Dewa Kematian

Hades

Mungkin kamu sering kali mengira kalau Hades adalah dewa kematian, karena dalam beberapa film ia digambarkan sebagai sosok gelap, jahat, dan berhubungan dengan para arwah. Namun, nyatanya Hades itu bukan dewa Kematian, melainkan ia adalah Dewa Dunia Bawah. Di sana memang terdapat jiwa-jiwa manusia yang sudah meninggal, namun itu bukan menandakan kalau Hades yang membunuhnya, tapi dia memang penguasa di sana.

Tapi Hades memiliki tangan kanan, yaitu Dewa Thanatos, nah, dia ini merupakan dewa Pencabut nyawa. Nama Thanatos sendiri sering dihubungkan dengan tokoh antagonis yang ada di film Avengers, Thanos.

3. Banyak Dewa yang Anak Zeus

Anak Zeus

Sepertinya kalau yang satu ini bukan lagi rahasia umum, ya. Ternyata banyak loh Dewa yang merupakan hasil hubungan Zeus dengan Dewi lain atau bahkan manusia biasa. Anak-anak Zeus juga turut menjadi Dewa di Olimpus.

Dewa Zeus kerap kali berganti pasangan meski ia memiliki istri, yaitu Dewi Hera. Anak-anak yang dilahirkan oleh pasangan Dewa Zeus kerap kali diceritakan tumbuh menjadi sosok pahlawan atau bahkan sosok yang jahat.

Dewi Hera sendiri mengetahui kalau suaminya adalah sosok yang gemar berselingkuh, setiap anak hasil hubungan suaminya dengan selingkuhannya itu akan menjadi musuh abadi Hera, tak peduli ia sudah membantu Hera atau lainnya. Anak-anak dari Dewa Zeus antara lain ada Athena, Apollo dan Artemis, Hermes, Ares, Hebe, Hefaistos, Persefon, Dionisos, Perseus, Herakles, Helene, Minos, dan Mousai.

4. Dewi Athena Selalu Menang dari Dewa Ares

Dewi Athena

Dewi Athena merupakan dewi kebijaksanaan dan Strategi Perang, sedangkan Dewa Ares adalah Dewa Perang. Namun, tahukah kamu kalau setiap kali mereka bertarung, Dewa Ares selalu berhasil dikalahkan oleh Dewi Athena? Mungkin ini benar-benar menandakan kalau Dewi Athena sangat ahli dalam melakukan strategi perang, ya!

5. Dionisos, Dewa yang Dulunya Adalah Manusia

Dionisos

Meski ia adalah anak dari Zeus, namun Dionisos tadinya merupakan manusia setengah dewa yang awalnya hidup sebagai manusia. Ia adalah sosok yang menemukan anggur dan membuatnya menjadi minuman yang difavoritkan oleh para masyarakat Yunani. Itu membuat banyak orang yang menjadi pengikut Dionisos dan bahkan mendewakan sosok satu ini.

Hebatnya, Dionisos benar-benar menjadi dewa dan bahkan menjadi salah satu dari 12 Dewa Olimpus, keren banget, ya!

Itulah beberapa fakta menarik mengenai dewa-dewi Yunani, fakta mana nih yang baru kamu tahu hari ini?