Daftar Dewa Tertinggi Dalam Sebuah Ajaran Agama Hindu!

Hindu merupakan salah satu agama yang telah tersebar juga di Indonesia. Dimana cukup banyak dewa yang akan kalian jumpai pada ajaran agama Hindu. Masing-masing dewa ini juga telah memiliki tugas dan kewajibannya sendiri. Untuk kalian yang memiliki berbagai wawasan mengenai agama Hindu, pasti kalian tidak asing dengan istilah trimurti.

Trimurti ini ialah sebuah istilah yang hadir dengan menyebutkan 3 ddewa tertinggi dalam agama Hindu yang berhasil memgang kuasa penuh pada tugas yang cukup berat. Dimana ketigas dewa ini ialah dewa brahma, wisnu, dan juga siwa. Kali ini, kami akan menyebutkan beberapa daftar dewa tertinggi yang ada dalam ajaran Hindu dan perlu kalian ketahui!

1. Wisnu

Wisnu

Daftar dewa tertinggi yang pertama dalam agama Hindu ini adalah dewa wisnu yang dianggap sebagai salah satu dewa pemelihara alam semesta dan segala ciptaan dewa brahma sendiri. Dimana dewa wisnu ini sendiri akan turun ke dunia jika kejahatan telah merajalela di dunia ini. Dewa wisnu ini ialah dewa yang berkulit hitam kebiruan. Dan memiliki sakti Dewi Sri beraksasa ng. Hal ini disenjatakan oleh Cakra yang berwahanakan burung garuda.

Dewa wisnu ini sendiri juga dikenal sebagai dewa yang menunggangi burung garuda dengan 4 tangan yang menjadi simbol kekuatan dan kekuasaan untuk mengisi alam semesta. Tubuh yang berwarna biru ini juga menjadi sebuah lambang kekuatan yang tidak terbatas. Dewa wisnu ini dikenal sebagai dewa yang turun ke bumi dan menjelma menjadi manusia, binatang, sampai dengan matahari.

2. Siwa

Siwa

Selanjutnya adalah salah satu dari tiga dewa Hindu trimurti yang bertugas sebagai ewa pelebur. Dimana dewa ini sendiri berhasil meleburkan semua yang terlihat usang dan tidak layak di dunia. Dewa Siwa ini sendiri memiliki iri yang cukup berbeda dan memliki hiasa kepala yang berbentuk bulans abit. Selain itu, dewa ini juga menjadikan ular sebagai salah satu hiasan pada lehernya. Bukti pemujaan umat Hindu di negara Indonesia ini ialah dewa siwa yang sangat banyak. Dimana candi di provinsi Jawa Timur akan banyak dibangun dan berguna sebagai pemuja dewa Siwa.

Kalian juga akan menemukan beragam arca, seperti Lembu Nandi, Dewa Ganesha, dan lain sebagainya di dalam kompleks candi yang ada di provinsi Jawa Timur

3. Brahma

Brahma

Dan yang terakhir adalah salah satu dewa yang memiliki tugas sebagai pecinta alam semesta. Dimana dewa  ini memiliki bebeapa nama dan memilih angsa atau hamsa sebagai salah satu kendaraannya. Dewa ini sendiri memiliki 4 wajah yang bisa menghadap ke bagian utara, selatan, barat, dan juga timur. Selain wajah, dewa ini juga memiliki 4 angan yng memiliki 4 daerah mata angin, baik mengarah ke bagian utara, timur, selatan, barat, dan lain sebagainya.

Tangan kanan bagian belakang dewa ini adalah melambangkan pikiran. Bahkan dewa ini juga digambarkan dengan menaik doa yang dipercaya sebagai salah satu zat proses . Dewa Brahma ini sendiri merupakan salah satu dewa yang disebut juga sebagai dewa pencipta.

Nah itu dia 3 daftar dewa agama Hindu yangperlu kalian ketahuii dan juga pahami. Sekian informasi ini kami sampaikan, semoga dapat memberikan kecerahan dan juga wawasan untuk kalian. Sekian informasi ini kami sampaikan, semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kalian semua ya!