Dewa Hermes, Si Pembawa Pesan.

Apakah kamu mengenal Dewa Hermes? Hermes merupakan Dewa yang dalam mitologi Yunani digambarkan sebagai sosok yang tampan dan merupakan pelindung yang ada di daerah perbatasan. Salah satu dari dewa Olimpus ini merupakan pembawa pesan di dalam mitologi Yunani.

Hermes memiliki simbol berupa kura-kura, ayam jantan, sandal bersayap, topi bersayap, dan kadukeus. Tugas Hermes adalah mengantarkan pesan dari para dewa ke manusia. Ia melakukannya dengan menggunakan sendal bersayapnya.

Tugasnya ini juga membuatnya menjadi yang terpercaya untuk membawa Pandora ke Bumi. Pandora sendiri merupakan kotak yang diberikan oleh Zeus pada pernikahan Pandora dan Epimetheus, Zeus memberikannya kotak Pandora yang sebenarnya tidak boleh dibuka oleh Zeus.

Namun karena rasa penasaran, akhirnya Pandora membukanya dan keluarlah segala keburukan dari sana dan hanya menyisakan harapan.

Berikut ini adalah sedikit sejarah singkat tentang Hermes yang mungkin perlu untuk kamu ketahui.

Sejarah Singkat Hermes, Sang Dewa Mitologi Yunani

Suatu ketika, Zeus secara diam-diam datang ke Nimfa Maia, di ia pun lantas memperkosa Maia. Maia sendiri merupakan salah satu dari Peliad, anak-anak Atlas. Saat itu ia tengah mengungsi di gunung Kellina. Hubungan ini membuat Maia hamil dan ia pun melahirkan sosok Hermes di gunung Kellina di Arkadia.

Raja Abakos yang menemukan Maia dan Hermes pun memutuskan untuk mengadopsi Hermes. Dengan cepat Hermes tumbuh menjadi dewasa. Di malam kelahirannya, ia menciptakan lira.

Hermes pernah mencuri ternak milik Apollo, dan ia membawanya ke Yunani. Di sana ia menyembunyikannya juga menghapus jejaknya.

Battus, seorang gembala air Pylos melihat kejadian di mana Hermes mencuri ternak Apollo. Meski ia sudah berjanji kepada Hermes untuk tidak akan mengatakan hal tersebut kepada siapapun, tetapi akhirnya ia tetap menyebarkannya. Itu membuat Hermes marah dan mengubahnya menjadi patung.

Apollo menuduh Hermes yang mencuri ternaknya, tetapi Maia membantah Apollo dengan mengatakan kalau Hermes bersama dengannya semalaman. Hal ini sampai membuat Zeus turun tangan dan memberitahukan kalau memang Hermes yang mencuri ternak Apollo.

Perdebatan itu berhenti ketika Apollo terpesona dengan lira temuan Hermes dan mau menukar ternak dengan lira tersebut.

Hal lain yang juga diceritakan dalam kisah Hermes adalah keikutsertaannya di dalam perang Troya, di mana ia membantu raja Priam untuk mendatangi tenda dari pasukan Yunani. Ia meminta Akhiller untuk mengembalikan mayat Hektor.

Hermes juga ikut membantu Perseus di dalam petualangannya untuk membunuh gorgon Medusa. Gorgon sendiri merupakan makhluk perempuan yang menakutkan, namanya sendiri memiliki arti “Mengerikan”. Sedangkan seperti yang kita tahu kalau Medusa merupakan wanita cantik yang memiliki ular sebagai rambutnya, di mana jika berani menatap matanya maka dapat berubah menjadi batu.

Sandal bersayap Hermes ia pinjamkan pada Perseus untuk membantunya menemui para Graiai agar dapat mengetahui di mana letak nimfa utara.

Kisah lain yang juga menjadi bagian dari petualangan Hermes adalah saat ia membawa kembali Euridike ke dunia bawah. Itu dilakukan setelah Orfeus melanggar kesepakatan yang dilakukannya dengan Hades. Selain itu ia juga menjemput Persefone dari Hades lalu mengembalikan ke ibunya.

Ia juga merupakan sosok yang berjasa dalam melindungi bayi Dionisos dari kemarahan Hera.

Nah, itulah sedikit ulasan mengenai dewa Hermes salah satu anak dari Zeus. Jadi apakah sekarang sudah mulai mengenal dewa tampan satu ini?