Pembahasan Mengenai Dewa dalam Mitologi Yunani : Hades

Mitologi Yunani merupakan sekumpulan mitos dan legenda yang berasal dari Yunani Kuno, mitologi ini berisikan kisah-kisah para dewa, pahlawan, sifat dunia, dan asal usul dari praktik ritula khusus orang Yunani Kuno.

Mitologi yunani sendiri merupakan salah satu bagian dari agama di yunani kuno. Sekarang ini, mitologi yunani digunakan oleh para ahli ataupun sejarahwan untuk mempelajari dan mengetahui kedaan sebuah keadaan di yunani kuno yang berhubungan dengan politik, agama, peradaban, dan untuk mendapatkan kegunaan dari dibentuknya mitologi tersebut.

Pada umumnya, dewa dalam mitologi yunani tersebut digambarkan dalam wujud manusia namun ia memiiki kelebihan yaitu tidak bisa tua. Dan masing-masing dewa memiliki namanya sendiri layaknya manusia pada umumnya.

Beberapa dewa tersebut membantu manusia bahkan sudah ada yang menjalin kisah cinta dengan manusia dan sudah menghasilkan keturunan, dan anak yang dilahirkan oleh hasil perkawinan antara dewa dan manusia disebut sebagai pahlawan. Salah satu dewa dalam mitologi yunani adalah Hades

Hades sendiri merupakan salah satu dari tiga dewa paling kuat di mitologi yunani, dua diantaranya adalah Zeus, dan Poseidon.

Hades sendiri dikenal sebagai dewa kematian ataupun dewa neraka dalam mitologi yunani. Diketahui Hades merupakan putra paling tua dari Kronos dan Rea.

Bersama saudara-saudaranya yang lain, ia bertugas untuk mengalahkan titan dan mengambil kekuasaan dunia dari Zeus. Ia bersama Poseidon melakukan undian untuk daerah kekuasaan, dan Hades sendiri mendapatkan dunia bawah dikarenakan hubungannya yang dekat dengan dunia bawah, karena hal tersebut ia mendapat julukan sebagai dewa kematian atau neraka.

Berbeda jika kita membahas mitologi Romawi, Hades memiliki memiliki nama Pluto. Hades memiliki tumbuhan keramat yaitu Cemara, mint, asphodel dan untuk hewan keramatnya sendiri ia adalah seekor burung hantu.

Hades juga digambarkan sebagai dewa yang memiliki janggut yang bewarna gelap dengan pakaian yang megah dengan sebuah tongkat atau dwisula. Hades juga merupakan sosok yang sangat ditakuti bagi orang yang masih hidup, biasanya orang yang masih hidup akan mengambil sumpah menggunakan nama Hades dan mereka akan memalingkan wajah mereka ketika memberikan persembahan untuk Hades.

Hades sendiri merupakan dewa yang disembah di Yunani dan juga Itali, biasanya ia disembah pada saat upacara penguburan dan juga ritual pemanggilan arwah, bahkan terdapat beberapa kuil yang digunakan untuk melakukan pemujaan seperti di Orakel, Yunani. Hades juga merupakan dewa yang sangat berperan dalam misteri eleusina.

Seperti dewa pada umumnya, para dewa ini mendapatkan senjatanya masing-masing yang dibuatkan oleh ara kiklops, jika Zeus mendapatkan petir, Poseidon mendapatkan trisula, maka untuk Hades sendiri ia mendapatkan helm kegelapan.

Pada suatu malam ia menggunakan helm tersebut dan berhasil menyelinap ke perkemahan para titan, ia yang pada saat itu tidak terlihat menghancurkan semua senjata titan. Akhirnya berkat taktiknya tersebut para dewa olimpus memenangkan pertempuran yang sudah berlangsung selama sepuluh tahun. Dan setelah pertempuran selesai ia bersama Poseidon dan Zeus kembali melakukan perundingan dan hasilnya tetap sama.

Hades juga diketahui memiliki pembantu yang bernama

  • Askalafos, penjaga kebun Hades yang dikutuk menjadi burung hantu oleh Demeter.
  • Erinyes, merupakan dewi pembalasan   yang mengawasi kamar penyiksaan.
  • Minos, Aiakos, Rhadamanthis merupakan hakim yang mengadili roh manusia
  • Para Ker,dewa kematian
  • Kharon, Pendayung perahu
  • Menoitios, gembala yang menjaga ternak
  • Thatanos, dewa kematian

Kira-kira itulah sedikit pengenalan tentang salah satu dewa mitologi Yunani yaitu Hades. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu ya.