Beberapa Dewa Petir Dalam Mitologi

Dalam banyak cerita, kita sering menjumpai kisah-kisah para dewa yang ada di seluruh dunia seperi layaknya julukan dewa petir. Banyak sekali nama panggilan yang digunakan dalam menyebutkan banyak dewa tersebut. Dalam banyak cerita yang beredar, banyak dewa yang memiliki julukan nya sendiri-sendiri. Adapun julukan-julukan yang banyak digunakan biasanya seperti dewa api, dewa air, dan petir. Banyak nya dewa tersebut memiliki ceritanya masing-masing, namun kali ini kita akan membahas tentang julukan kepada beberapa dewa sebagai dewa petir.

Beberapa Julukan Sebagai Dewa Petir

  • Dewa Indra

Dewa Indra

Dalam ajaran Hindu, dewa Indra memegang peranan yang sangat penting atas cuaca yang terjadi setiap harinya. Ia mendapatkan julukan sebagai dewa petir karena diyakini mampu mengendalikan hujan dan petir. Atas kemampuan nya dalam mengendalikan hujan dan petir, dewa Indra juga mendapatkan julukan sebagai dewa penguasa langit. Dalam mitologi Hindu sendiri, Dewa Indra adalah pemimpin dari ke delapan dewa yang menguasai elemen alam.

Bahkan banyak yang menyebutkan Indra adalah sebagai dewa surga dan pemimpin dari semua para dewa. Dalam ajaran agama Hindu dewa Indra dikenal sangat berkaitan erat dengan Susastra Hindu, seperti kitab-kitab Purana (mitologi) dan Ltihasa (wiracarita). Dalam posisi nya sebagai dewa, ia memiliki dan mendapatkan peran yang sangat penting dalam menghadapi para kaum raksasa. Banyak sekali julukan yang digunakan untuk julukan dewa yang satu ini.

Ada juga yang menyebutkan dewa ini sebagai dewa perang karena keberanian nya dalam menghadapi banyak musuh yang bahkan hingga ribuan dengan seorang diri saja. Dalam sejarahnya ia juga telah bisa menaklukan 3 benteng musuh (Tripuramtaka). Dalam menjalan kan misi nya dalam melakukan perang, ia memiliki senjata yang menjadi ciri khas nya, yaitu Bajra senjata yang diciptakan oleh Wiswakarma. Senjata tersebut terbuat dari tulang Resi Dadici. Selain senjata yang menjadi ciri khas dari dewa yang satu ini. Ia juga sering menggunakan gajah putih nya sebagai kendaraan yang sering digunakan nya jika mau bepergian jauh. Gajah tersebut bernama Airawata. Dia memiliki istri bernama Dewi Suci.

  • Dewa Zeus

Dewa Zeus

Setiap negara mungkin memiliki masing-masing dewa yang dipercaya, seperti juga hal nya di Yunani. Dalam mitologi Yunani ada satu dewa yang menjadi dewa yang mereka percayai yaitu Zeus. Jika dalam mitologi Yunani yang menjadi dewa petir adalah Zeus. Kemampuan nya dalam menciptakan sebuah petir dan menaklukan nya. Ia juga mendapatkan julukan sebagai dewa dari segala para dewa. Zeus memiliki dua saudara yang juga adalah dewa. Disebutkan dalam mitologi Yunani jika ketiga bersaudara tersebut memiliki julukan sebagai tiga dewa terkuat yang ada di dunia.

Zeus memiliki peran sebagai pengendali lagit dan semua komponen nya, sedangkan dua saudaranya yang lain memiliki peran menguasai laut dan bumi. Sama hal nya dengan dewa Indra, Zeus juga memiliki senjata yang juga menjadi ciri khas dari dewa yang satu ini. Ia memiliki senjata yang sama bentuknya dengan petir. Banyak juga seniman yang menggambarkan nya dengan simbol petir, elang, dan pohon ek.

Kisah perjanan hidup dari dewa yang satu ini agak tragis, dimana ia hampir dibunuh oleh ayah nya sendiri yang juga telah membunuh semua saudara-saudaranya.

Banyak sekali julukan yang digunakan dalam menyebutkan dewa yang satu ini, diantaranya:

* Zeus Hospites – Pelindung Para Tamu
* Zeus Filoxenon – Pelindung Orang Asing
* Zeus Olympus – Dewa Di Gunung Olimpus
* Zeus Agoraeus – Pelindung Perdagangan
Zeus Aegidukhos – Pemegang Aegis
* Zeus Horkios – Penjaga Sumpah
* Astrapios – Pemegang Kilat
* Brontios – Pemegang Petir
* Zeus Tallaios atau Solar Zeus
* Zeus Meilikhios

Masih banyak sekali dewa yang mendapatkan julukan sebagai dewa petir, namun yang kami sebutkan diatas adalah dewa yang banyak dikenal orang di seluruh dunia.