Afrodit, Sang Dewi Kecantikan

Siapa Afrodit? Ini merupakan dewi yang melambangkan cinta, kecantikan, juga seksualitas. Kecantikan Afrodit sangat dikenal dan membuat terjadi perpecahan di antara para dewa. Karena hal itu, Zeus memutuskan untuk menikahkan Afrodit dengan Hefaistos, anak dari Zeus dan Hera. Tetapi Afrodit bukan sosok yang setia, ia pun memiliki banyak kekasih, sebut saha seperti Ares dan Ankhises.

Ada beberapa versi yang menyebutkan mengenai kelahiran Afrodit. Yaitu versi yang menyebutkan kalau Afrodit merupakan putri dari Zeus dan Dione, namun versi ini tidak sepopuler versi yang menyebutkan kalau Afrodit dilahirkan dari alat kelamin Uranus yang dipotong oleh titan. Lalu alat kelamin tersebut tertutupi buih laut dan muncullan Afrodit.

Dalam mitologi Yunani juga, dia dikenal sebagai Venus. Ia pun memiliki banyak nama lokal lain, seperti Akidalia Kythereia dan Kerigo. Dewi yang diyakini dapat membuat pria jatuh cinta padanya sejak pandangan pertama ini tidak memiliki masa anak-anak, ia langsung lahir dalam keadaan dewasa.

Afrodit memiliki seorang anak angkat yang bernama Adonis. Anak ini merupakan anak dari hubungan ayah dan anak, yaitu Raja Kiniras dan Mirrha. Ini semua dikarenakan Afrodit yang tidak suka kepada ibu Mirrha, di mana ia menyombongkan kalau Mirrha lebih memiliki paras yang cantik kalau dibandingkan dengan Afrodit.

Hal ini membuat Afrodit marah dan ia pun menghukumnya dengan cara membuat Mirrha jatuh cinta pada ayahnya sendiri. Awalnya, Raja menolak cinta anaknya itu. Namun, karena tidak kehabisan akal akhirnya Mirrha menyamar menjadi pramusyahwat dan bersetubuh dengan sang ayah. Hal ini membuat Mirrha hamil.

Karena mengetahui perbuatan putrinya tersebut, Kiniras marah dan hendak membunuh Mirrha. Mirrha pun berdoa kepada para dewa dan akhirnya ia diubah menjadi pohon dupa. Dalam keadaan menjadi pohon, Mirrha melahirkan bayinya dan diberi nama Adonis.

Karena merasa kasihan dengan Adonis, Afrodit pun memutuskan untuk mengambilnya dan memberikannya pada Perseron untuk di asuh. Setelahnya, Adonis tumbuh menjadi sosok pemuda yang tampan.

Pada suatu ketika, Afrodit ingin mengambil kembali Adonis. Namun, karena sudah terlanjur menyukainya, Persefon tidak mau melepaskan Adonis. Ini membuat terjadi pertarungan antara keduanya yang membuat Zeus memutuskan kalau selama sepertiga tahun Adonis akan bersama dengan Afrodit, lalu sepertiga tahun kemudian bersama dengan Persefon, setelahnya Adonis berhak memutuskan.

Tentunya Adonis lebih memilih untuk bersama dengan Afrodit. Mereka pun akhirnya sering pergi berburu bersama dan suatu ketika, Afrodit harus meninggalkan Adonis. Sebelum pergi, ia berpesan untuk tidak mengganggu binatang buas.

Setelah pergi, Adonis ternyata melupakan pesan Afrodit, di mana ia melihat seekor babi hutan yang besar dan mencoba memburunya. Tetapi ternyata babi hutan besar tersebut bukanlah tandingan Adonis, itu membuat Adonis mati karena kehabisan darah, Afrodit sendiri sangat bersedih melihat kepergian kekasihnya.

Konon katanya, babi hutan yang dilawan oleh Adonis merupakan Ares yang cemburu terhadap hubungan Afrodit dengan Adonis dan ia pun menyamar sebagai babi hutan.

Selain itu ada kisah lain yang yang menggambarkan kebaikan hati Afrodit, yaitu saat ia mendengar doa dari seorang pematung bernama Pigmalion. Ia merupakan seorang pematung yang jatuh cinta pada hasil karyanya sendiri. Pigmalion berdoa kepada dewa agar bisa membuat patungnya menjadi hidup. Hal itu didengar oleh Afrodit dan ia pun mengabulkan permintaan pria tua kesepian itu.

Nah, itulah sedikit kisah mengenai Afrodit sang dewi kecantikan.